Tuesday, 20 November 2012

Definisi dan Prinsip Berpikir Positif

A. Definisi Berpikir Positif
       Berpikir positif dapat dideskripsikan sebagai suatu cara berpikir yang lebih menekankan pada sudut pandang dan emosi yang positif, baik terhadap diri sendiri, orang lain maupun situasi yang di hadapi. (Elfiky, 2008, h.269). Berpikir positif pun merupakan suatu kebiasaan untuk melihat segala sesuatu yang dihadapi atau diamati dari segi positif dan membiarkan pikirannya berproses secara positif yang kemudian mempengaruhi sikap dan prilaku.
       Selain itu pikiran positif dapat menjadi potensi dasar yang mendorong manusia untuk berbuat dan bekerja dengan menginvestasikan seluruh kemanusiaannnya. Bisa di katakan, itulah pikiran yang membuat hidup seseorang menjadi lebih baik, yang membantu seseorang dalam mengembangkan akal, perasaan, dan perilakunya menjadi lebih baik, dan juga dapat menyingkap kekuatan tersembunyi pada manusia dan mengubah kehidupannya menjadi lebih berkualitas.

B.Prinsip Berpikir Positif
    Dalam berpikir positif ada tujuh prinsip yang dapat memperbaiki kehidupan kita. Berikut tujuh prinsip berpikir positif :
1. Masalah dan Kesengsaraan Hanya Ada dalam Persepsi
    Kenyataan adalah persepsi Anda. Jika Anda ingin mengubah kenyataan hidup Anda, mulailah
dengan mengubah persepsi Anda (DR. Ibrahim Elfiky)
2. Masalah Tidak Akan Membiarkan Anda dalam Kondisi yang Ada : Ia Akan Membawa Anda pada Kondisi yang Lebih Buruk atau yang Lebih Baik
    Apa yang terjadi pada Anda tidak penting. Yang penting adalah apa yang Anda lakukan terhadap apa yang terjadi pada Anda (DR. Robert Schuler)
3. Jangan Jadi Masalah. Pisahkan Dirimu dari Masalah
    Tidak ada masalah yang solusinya tidak dapat dipikirkan oleh akal manusia. (Voltaire)
4. Belajarlah dari Masa Lalu, Hiduplah pada Masa Kini, dan Rencanakanlah Masa Depan
     Masa lalu adalah mimpi, masa5 depan adalah proyeksi. Hidupmu saat ini yang diwarnai cinta mendalam pada Allah SWT membuat masa lalu menjadi mimpi yang indah dan masa depan penuh harapan (DR. Ibrahim Elfiky)
5. Setiap Masalah ada Solusi Spiritualnya
    Barang siapa bertaqwa pada Allah SWT niscaya Dia akan menyediakan jalan keluar untuknya. Dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak terduga (Al-Thalaq: 2 – 3)
6. Mengubah Pikiran Berarti Mengubah Kenyataan. Pikiran Baru Menciptakan Kenyataan Baru
7. Ketika Allah SWT Menutup Satu Pintu, Pasti Dia Membuka Pintu Lain yang Lebih Baik
    Kadangkala Allah SWT menutup pintu yang ada di depan kita, tapi Dia membuka pintu lain yang lebih baik. Namun, kebanyakan manusia menyia-nyiakan waktu, konsentrasi, dan tenaga untuk memandang pintu yang tertutup daripada menyambut pintu impian yang terbuka di hadapannya. (DR. Ibrahim Elfiky
Sumber: Terapi Berpikir Positif oleh DR. Ibrahim Elfiky



0 comments:

Post a Comment